Support & Resistance PDF Print E-mail

Support dan resistance menunjukkan waktu yang tepat dimana kekuatan supply dan demand bertemu dan biasanya trader atau investor memanfaakan peluan ini mengambil transaksi beli pada saat harga berada dalam areasupport dan melakukan trasaksi jual ketika harga berada dalam area Resistance. Secara sederhana support adalah batas harga bawah yang dibentuk karena permintaan melebihi penawaran. Sedangkan resistance adalah batas atas dimana permintaan sudah menemukan penawaran yang tinggi sehingga mengalami penurunan

Dalam analisis tekhnikal garis support atau resitance yang yang memiliki validasi tinggi dalam artian harga mengalami tekanan yang berkali kali pada saat harga menyentuh level ini, garis ini disebut sebagai garis support atau resistance Major.sementara garis suport dan resistance yang lebih rendah validasinya disebut sebagai garis Support/resistance Minor.tidak ada ukuran yang pasti berapa kali support atau resistance di sentuh sehingga bisa di sebut sebagai support atau resistance mayor atau minor tetapi mungkin bisa di katakana support atau resistance mayor jika memantul lebih dari 3 kali.dan support atau resistance minor jika garis ini di tes kembali oleh harga selama minimal 2 kali.


a. Support

Support adalah Suatu tingkat harga di mana dalam suatu kondisi tekanan jual diperkirakan akan diimbangi oleh kenaikan pembelian yang dapat menahan koreksi yang terjadi atau bahkan membuat harga berbalik arah. Support Dibentuk dengan menggambar garis yang menghubungkan titik-titik harga terendah yang sejajar. Penembusan Support dalam suatu trend menaik dapat berarti perubahan trend menjadi menurun ataupun sideways.

Dimana Support dibangun?

Level Support tepatnya berada dibawah harga running, tetapi ini adalah hal yang umum untuk melakukan transaksi ketika harga mendekati support.tetapi untuk lebih amanya kita harus bisa mempertimbangkan dimana melakukan transaksi dengan tepat. Analisis tekhnikal bukan pengetahuan eksakta ini terkadang sulit untuk menentukan level support yang tepat, terkadang harga volatile dan turun melebihi area support. Kadang ini tidak masuk akal untuk mempertimbangkan bahwa support telah pecah atau telah di tembus, jika harga penutupan sudah melebihi 1/8 dibawah support yang dibangun.untuk alasan ini beberapa trader membuat namanya area support (support zones).


b. Resistance

Suatu tingkat harga di mana dalam suatu kondisi tekanan beli diperkirakan akan diimbangi oleh kenaikan penjualan yang dapat menahan kenaikan harga yang terjadi atau bahkan membuat harga berbalik arah turun. Resistance Dibentuk dengan menggambar garis yang menghubungkan titik-titik harga tertinggi yang sejajar, Penembusan Resistance dalam suatu trend menaik (uptrend) dapat berarti perubahan trend menjadi menaik ataupun sideways.


Dimana Resistance dibangun?

Level Resistan tepatnya berada diatas harga running tetapi ini adalah hal yang umum untuk melakukan transaksi ketika harga mendekati resistance. tetapi untuk lebih amanya kita harus bisa mempertimbangkan dimana melakukan transaksi dengan tepat. Analisis tekhnikal bukan pengetahuan eksakta ini terkadang sulit untuk menentukan level resistance yang tepat, terkadang harga yang bergerak volatile dan naik melebihi area resistance. Kadang ini tidak masuk akal untuk mempertimbangkan bahwa harga resistance telah pecah atau tertembus jika harga penutupan sudah melebihi 1/8 diatas resistance yang dibangun.untuk alasan ini beberapa trader membuat namanya area resistance atau Resistance zones.
Metode untuk membangun Support dan Resistance

Methode untuk membangun support & resistance diantaranya;


a. Baseline


Kuat dan lemah pergerakan harga tergantung dari pondasi atau baseline yang di bangun. Biasanya setelah harga menembus harga support atau resistance maka akan mengalami koreksi yang berada pada garis yang telah di tembus.

setelah mengalami beberapa pereode waktu harga melanjutkan kembalai untuk pergerakan yang lebih panjang, hal ini yang di sebut sebagai baseline.atau perubahan support menjadi resistance atau resistance menjadi support.


b. Trading Range

Trading ranges dapat menjadi peran penting untuk menentukan aturan bahwa support dan resistance akan menjadi titik balik atau menjadi pola penerusan. Trading range adalah pereode waktu ketika harga secara relative bergerak dengan range yang relative sempit. ketika harga sudah menembus trading range atau menembus harga resistance atau kebawah menembus harga support. Maka dapat dikatakan pemenang setelah mengalami pereode waktu range harga telah muncul.

c. Zona Support dan Resistance

Karena analisis Tekhnikal bukan pengetahuan eksakta, dimana segala sesuatunya tidak memiliki kepastian yang tetap maka ini sangatlah penting untuk membuat area support dan resistance support dan resistance zone.