Bank Central Dunia PDF Print E-mail

US Dollar atau Dollar Amerika Serikat (USD)

US Dollar menjadi mata uang utama dunia sejak akhir Perang Dunia II hingga saat ini. Hal ini dapat dimengerti mengingat pada saat itu perekonomian di negara Eropa hancur akibat perang. walaupun Amerika ikut serta dalam peperangan tersebut (baik di Eropa berhadapan dengan Nazi Jerman maupun di Pasifik berhadapan dengan Jepang). Dengan digelarnya konferensi internasional mengenai sistem nilai tukar yang diadakan di Bretton Woods, New Hampshire Amerika Serikat pada tahun 1dimulainya Fixed Exchance Rate System semakin mengukuhkan peran mata uang US Dollar sebagai mata uang utama dunia.

Pada akhir tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an Fixed Exchance Rate System sebagai implikasinya US Dollar tidak di back-up sejumlah emas tertentu lagi. Tetapi karena besarnya perekonomian Amerika Serikat membuat mata uang tersebut tetap menjadi mata uang dunia hingga saat ini. Perjalanan waktu juga menunjukan mata US Dollar sebagai mata uang yang cukup stabil walaupun dalam keadaan krisis sekalipun.944 yang menAndai dimulainya Fixed Exchance Rate System semakin mengukuhkan peran mata uang US Dollar sebagai mata uang utama dunia.

Pada akhir tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an Fixed Exchance Rate System sebagai implikasinya US Dollar tidak di back-up sejumlah emas tertentu lagi. Tetapi karena besarnya perekonomian Amerika Serikat membuat mata uang tersebut tetap menjadi mata uang dunia hingga saat ini. Perjalanan waktu juga menunjukan mata US Dollar sebagai mata uang yang cukup stabil walaupun dalam keadaan krisis sekalipun.

The Federal Reserve (Bank Sentral Amerika Serikat)

The federal reserve yang lebih dikenal dengan “Fed” atau “The Fed” adalah bank sentral Amerika Serikat. The federal reserve didirikan pada tahun 1913 melalui the federal reserve act (undang-undang Bank Sentral Amerika Serikat).

The federal reserve menganut sistem desentralisasi dimana ada sebuah dewan yang bernama the federal reserve board yang berkedudukan di washington dan duabelas federal reserve bank di berbagai negara bagian (state) yang membawahi suatu wilayah tertentu yang telah ditetapkan. Federal reserve Bank dipimpin Gubernur Bank Sentral.

Pada tahun 1923 didirikan sebuah komite bernama the open market investment committee (disingkat OMIC) yang bertugas mengkoordinasi operasional dari 12 federal reserve bank. OMIC beranggotakan para gubernur Bank Sentral dari the federal reserve bank di New York, Philadhelpia, Cleveland, Chicago dan Boston.

Pada tahun 1930 OMIC diganti dengan the open market policy conference (OMPC). OMPC beranggotakan dewan gubernur dari 12 federal reserve bank.

Pada tahun 1935 berlaku undang-undang perbankan baru yang mengubah susunan the federal reserve system menjadi bentuknya sekarang. Pada saat itu pula OMPC berubah nama menjadi the federal open market committee (FOMC). Nama tersebut dipakai sampai sekarang.

Semua anggota dewan gubernur dipilih oleh presiden dengan mendapat persetujuan kongres Amerika. Hal ini membuat federal reserve mempunyai system Yang independen.

EURO (Mata Uang Gabungan Negara Eropa)

Mata uang Euro pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai mata uang tunggal Eropa yang menggantikan 11 (sebelas) mata uang negara Eropa yaitu:

· Frank Belgia/ Belgian Franc (BEF)

· Mark Jerman/ Deutche Mark (DEM)

· Peseta Spanyol/ Espanol Peseta (ESP)

· Frank Perancis/ Frenc Franc (FRF

· Punch Irlandia/ Irish Punch (IEP)

· Lira Italia/ Italian Lira (ITL)

· Frank Luxemburg/ Luxemburg Franc (LUF)

· Guilder BelAnda/ Nenderland Guilder (NLG)

· Shilling Austria/ Austrian Shilling (ATS)

· Escudo Portugal/ Portugesse Escudo (PTE)

· Mark Finlandia/ Finlandian Mark (FIM)

Euro diluncurkan sebagai usaha negara-negara Eropa untuk menciptakan satu mata uang dunia yang akan menyaingi Dollar Amerika.

Pada saat mata uang Euro diluncurkan pada pertama kali ditetapkan pula nilai tukar matauang masing-masing negara anggota yang akan mengadopsi Euro ke mata uang Euro. Nilai tukar ini bersifat tetap artinya tidak akan berubah sampai seluruh mata uang negara anggota di konversi ke Euro.

The European Central Bank (bank Sentral Eropa)

Bank Sentral Eropa (ECB) didirikan pada tanggal 1 Juni 1998 dalam rangka proses peluncuran mata uang tunggal Eropa yaitu Euro. Bank sentral Eropa didirikan untuk menentukan kebijakan moneter dari negara yang mengadopsi mata uang Euro. Untuk menjalankan kebijakan tersebut maka didirikan European System of Central Banks (ESCB). Badan ini lah yang akan mengatur sistem pembayaran internasional, cadangan devisa setiap negara anggota, sirkulasi uang, dll.

Great Britain Poundsterling/ Poundsterling Inggris (GBP)

Sebelum perang dunia kedua mata uang ini merupakan mata uang utama dunia. Dimana negara-negara di dunia memakainya untuk melakukan transaksi perdagangan dan keuangan internasional. Setelah perang dunia kedua kedudukannya diambil alih oleh US Dollar. Karena negara eropa termasuk Inggris hancur akibat perang. Saat itu mata uang GBP merupakan mata uang utama dunia ketiga setelah US Dollar dan Euro.

Mata uang ini diperdagangkan paling banyak di pasar valuta London tetapi tidak teralalu banyak diperdagangkan di Pasar Amerika dan Asia.

Mata uang ini disebut juga Petro Currency karena berdasarkan fluktuasi harga masa lalu, pergerakan GBP sangat sensitive dengan pergerakan harga minyak bumi. Dalam praktek pasar valas GBP mendapat nama julukan Cable yang diambil dari mesin telex yang digunakan untuk melakukan transaksi.

Bank of England (Bank Sentral Inggis)

Bank of England merupakan bank sentral yang dinilai kurang independen. Hal ini disebabkan karena kebijakan yang ditetapkan oleh Bank of England dapat diganti oleh pemerintah Inggris.

Prestasi terbaik dari bank of England pada akhir-akhir ini adalah mengangkat kurs Poundsterling. Pada tahun 1991 tingkat inflasi di Inggris mencapai double digit sehingga menyebabkan nilai tukar Poundsterling turun. Namun dengan usaha yang cukup menakjubkan Bank of England mampu mengangkat Poundsterling ke nilai yang lebih baik.

Japanese Yen/ Yen Jepang (JPY)

Yen Jepang merupakan salah satu mata uang kuat di dunia dan salah satu mata uang yang paling banyak diperdagangkan di pasar valuta asing dunia. Jepang merupakan salah satu negara industri terkemuka di Asia dan mempunyai posisi yang sangat kuat dalam perdagangan internasional. Namun karena Jepang sangat tergantung dengan bahan mentah yang harus di impor dari luar maka fluktuasi mata uang Yen sangat dipengaruhi oleh fluktuasi harga bahan mentah dan minyak bumi di Pasar Internasional. Belakangan fluktuasi Yen berkaitan erat dengan fluktuasi indeks Nikkei, indeks pasar modal Jepang dan pasar real estate di negara itu.

Dalam sejarahnya, perekonomian Jepang mengalami masa suram pada saat embargo minyak awal tahun 70-an. Namun pada saat pengambilalihan Kuwait oleh Irak yang menyebkan perang teluk tahun 1992 tidak memengaruhi harga minyak sehingga pada peristiwa tersebut perekonomian Jepang tidak terlalu terpengaruh. Mata uang Yen tercatat mencapai nilai tertinggi pada April 1995 yang mencapai rate 1 Dollar sama dengan 80 yen. Hal ini dapat tercapai karena kebijakan ekonomi Amerika Serikat yang berusaha untuk meningkatkan ekspor. Dengan nilai Dollar yang lebih rendah diharapkan dapat meningkatkan daya saing ekspor produk Amerika Serikat dibandingkan produk yang sama buatan Jepang.

Bank Of Japan (Bank Sentral Jepang)

Bank Sentral Jepang mempunyai kewenagan yang mirip dengan the FED (bank Sentral Amerika Serikat). Hanya saja kebijakan bank sentral memerlukan persetujuan dari menteri keuangan Jepang terlebih dahulu.walaupun begitu ketergantungan tersebut tidak menimbulkan kecenderungan pemerintah Jepang (melalui menteri keuangan) untuk memanfaatkan bank sentral melakukan kebijakan yang tidak popular misalnya mencetak uang untuk membiayai anggaran belanja pemerintah yang pada akhirnya akan menimbulkan inflasi.

Swiss Franc/Frank Swiss (CHF)

merupakan negara yang unik. Keunikan terletak pada kenetralan negara tersebut dalam konflik yang pernah melAnda dunia. Dalam perang dunia kedua, swiss merupakan satu-satunya negara Eropa daratan diluar negara poros Jerman-Italia-Jepang yang dibiarkan merdeka oleh negara poros tersebut (negara poros terutama Jerman tidak punya rencana menguasai Swiss). Swiss adalah salah satu negara Eropa selain Uni Sovyet dan Inggris yang tidak dikuasai oleh negara poros kala itu.

Perbankan di Swiss sangat terkenal karena pelayanan dan kerahasiaan nasabah di negar atersebut. Perbankan di Swiss sangat menjaga rahasia identitas nasabahmereka. Hal inimenarik orang dari berbagai negara untuk menyimpan dananya di negara itu. Saat ini perekonomian Swiss sangat dekat hubungannya dengan perekonomian Jerman.

Swiss Franc merupakan mata uang yang relatif stabil. Hal ini merupakan dampak dari kenetralan negara tersebut. Walau pangsa pasarnya lebih keci; dibandingkan mata uang kuat dunia lainnya tetapi Swiss Franc merupakan salah satu mata uang yang cukup likuid di pasar valas international.

Bank of Switzerland (Bank Sentral Swiss)

Bank Sentral Swiss resminya berlokasi di kota Berne sementara “Governing Board” berlokasi di kota Zurich swiss. Bank sentral Swiss mempunyai dua cabang dengan “cash reserve” dan empat cabang tanpa “cash reserve”. Tugas yang diemban Bank Sentral swiss antara lain :

· Menjaga stabilitas harga (tingkat inflasi)

· Menyediakan sistem pembayaran yang efisien

· Menjaga ketersediaan uang (money supply)

· melakukan investasi cadangan devisa yang ada

· Menjaga stabilitas sistem keuangan yang ada